logo
BARUNA RAYA LOGISTICS

News

News Tips menjaga kesehatan mental selama WFH brl tips menjaga mental selama wfh

Tips menjaga kesehatan mental selama WFH

Pemerintah telah meminta masyarakat untuk semaksimal mungkin beraktivitas di rumah selama pandemi covid 19. Jika tidak ada keperluan yang mendesak, masyarakat sangat diminta untuk tetap berada di rumah, termasuk bekerja. Perubahan ini tentunya berpengaruh terhadap para pekerja. Bekerja dari rumah atau yang biasa disebut WFH (Work From Home) seringkali membuat pekerja merasa kesepian, tidak bisa bersosialisasi, mengalami demotivasi dalam bekerja. Hal ini dapat memicu stres serta masalah kesehatan mental lainnya.

Permasalahan yang telah disebutkan diatas dapat diatasi dengan beberapa tips berikut:
1. Buat rutinitas dan struktur untuk hari kerja Anda
Mencoba membuat rutinitas bekerja di rumah seakan-akan sama dengan rutinitas bekerja di kantor, dengan waktu mulai dan selesai yang sama, disertai dengan istirahat dan olahraga. Hal ini akan membantu menjaga batasan antara kehidupan kantor dengan kehidupan rumah, meminimalisir kemungkinan pekerjaan untuk mengganggu waktu dengan keluarga. Batasan yang dilakukan dapat dengan cara membedakan baju saat bekerja, sehingga tercipta batasan yang jelas antara waktu bekerja dengan waktu bersantai di rumah.

2. Mencoba melakukan detoks digital saat sore hari
Teknologi mempermudah kita untuk tetap terhubung dengan dunia luar, terlebih pada masa WFH ini. Namun, penggunaan teknologi ini menjadi sulit untuk dikontrol dan bisa jadi digunakan secara berlebihan sehingga diperlukan detoks dari teknologi. Detoks dari teknologi atau detoks digital dapat didefinisikan sebagai periode waktu seseorang untuk memutuskan tidak menggunakan teknologi seperti gadget, komputer, dan tablet, juga media sosial. Selain dapat menjadi pengingat bahwa waktu bekerja sudah selesai, dapat juga menghabiskan waktu dengan keluarga atau melakukan hal lain yang ingin dilakukan.

3. Mencoba pergi keluar rumah setidaknya satu kali sehari
Berjalan-jalan atau olahraga ringan di depan rumah, mencari udara segar sekaligus berjemur dapat dilakukan di sela-sela kegiatan WFH. Selain untuk menjaga kesehatan mental selama WFH, kegiatan ini juga penting untuk menjaga kesehatan agar tetap fit selama masa pandemi ini. Namun, jangan lupa untuk selalu menaati protokol kesehatan ya!

4. Melatih untuk berpikir positif
Pemberlakuan sistem WFH tidak selalu memberikan dampak buruk. Tentunya, juga banyak hal positif yang dapat diperoleh dari sistem WFH, di antaranya dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi distraksi, meningkatkan kepuasan kerja, mengurangi waktu atau biaya yang biasa dikeluarkan untuk perjalanan, memberikan sense of control yang lebih besar terhadap hari kerja, hingga dapat membantu menghindari persaingan rekan kerja. Selain itu, hal lain yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan mental yaitu dengan memulai rutinitas olahraga, pola tidur, serta makan yang cukup. Tak hanya itu, dengan melakukan hobi, berpikir dengan cara yang bermanfaat, serta mengelola stres melalui pemecahan masalah, relaksasi, atau meditasi juga dikatakan dapat membantu dalam menjaga kestabilan kesehatan mental.

Salam Sehat

Latest News

BRL Donor DayBRL Donor Day
PT. Baruna Raya Logistics bekerja sama dengan UTD RS. Kanker Dharmais akan mengadakan kegiatan Donor Darah.
Donor Darah - Ayo Donor
PT. Baruna Raya Logistics akan mengadakan kegiatan donor darah yang akan diadakan pada hari Rabu, tanggal 13 September 2023.
Baruna Raya Logistics ft Skyreach
SKYREACH MELALUI PRODUK SAILINK, DIPERCAYA MELAYANI SISTEM KOMUNIKASI INTERNET DI KAPAL-KAPAL PT BARUNA RAYA LOGISTICS

Skyreach adalah perusahaan penyedia jasa telekomunikasi internet berbasis satelit, yang memiliki fasilitas infrastruktur memadai untuk menunjang sarana komunikasi seperti stasiun bumi milik sendiri (The Reach) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Di samping itu Skyreach juga memiliki Diversity Hub yang berada di Hermina Tower, Kemayoran, Jakarta Pusat.
EXPERIENCED INTEGRATED SHIPPING
Logo footer
Logo footer
© Copyright 2017 Barunaraya. All Rights Reserved,
Powered by IKT