logo
BARUNA RAYA LOGISTICS

News

News Tips agar Tetap Fokus Selama WFH brl tips fokus wfh

Tips agar Tetap Fokus Selama WFH

Sistem work from home semakin banyak diterapkan oleh berbagai Perusahaan semenjak pandemi COVID-19 menyebar pada tahun 2020 lalu. Pemberlakuan sistem kerja baru ini tentunya mengharuskan para pekerja untuk melakukan penyesuaian baru. Namun, terdapat beberapa hambatan yang menyebabkan beberapa pekerja tidak dapat menyesuaikan diri dengan mudah, salah satunya dampak stres yang dialami sejumlah pekerja. Beberapa adaptasi pun perlu dilakukan agar para pekerja dapat terbiasa dengan situasi baru ini. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak stres tersebut:

1.Memiliki ruang kerja khusus
Memiliki ruang kerja khusus dapat dikatakan sebagai elemen terpenting. Memiliki ruang kerja khusus, juga dapat membantu kita untuk tetap fokus dan menghindari bermacam-macam distraksi.

2.Hindari penundaan
Bekerja dari rumah sangat mudah untuk membuat kita semakin menunda pekerjaan karena tidak terikat oleh jam kantor. Namun, hal ini akan menyebabkan anda stress apabila situasi yang tidak terduga terjadi. Misalkan, internet mati, anda sakit, atau orang terdekat sakit, dan kemudian menyebabkan anda melewatkan tenggat waktu yang akan berakibat fatal. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari penundaan sehingga anda bisa tetap menjaga fokus meskipun sedang menjalankan WFH.

3.Membuat Jadwal
Salah satu hal yang dapat menimbulkan stres selama work from home adalah banyaknya pekerjaan atau aktivitas yang harus dilakukan. Pembuatan dan penyusunan jadwal dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan tersebut, di mana kalender atau platform Google Calendar bisa digunakan dalam hal pencatatan aktivitas serta pekerjaan harian. Selain itu, pembuatan skala prioritas juga dapat dilakukan dengan mengurutkan pekerjaan atau aktivitas yang harus dilakukan pertama, selanjutnya, hingga terakhir. Beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam membuat skala prioritas antara lain, beban pekerjaan, tenggat waktu pengerjaan, hingga urgensi pekerjaan.

4.Melakukan Olahraga Rutin
Selama sistem work from home berjalan, tentunya menyebabkan para pekerja tidak dapat bergerak lebih leluasa seperti di work from office. Oleh karena itu, penting meluangkan waktu untuk melakukan olahraga secara rutin. Terdapat beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan selama work from home, salah satunya jenis olahraga ringan. Manfaat olahraga ringan apabila dilakukan secara teratur juga dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh, hingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Contoh olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah yaitu, gerakan duduk-berdiri, naik-turun tangga, hingga jogging di pekarangan atau dalam rumah.

5.Menikmati Istirahat dan Melakukan Kontak dengan Orang lain
Cara terakhir agar tetap fokus selama work from home adalah dengan menikmati istirahat yang cukup, tidak kekurangan dan tidak berlebihan. Istirahat makan siang merupakan waktu istirahat yang sangat penting, karena selain untuk mengatasi rasa lapar, sekaligus juga untuk mengistirahatkan otak dan pikiran dari pekerjaan.
Pada saat menjalankan work from home, sangat normal jika kita merasa kesepian dan rindu suasana kerja serta orang-orang di dalamnya. Jadi, pastikan tetap melakukan komunikasi dengan satu hingga tiga orang agar kita tetap merasa terhubung meskipun sedang melakukan aktivitas bekerja dari rumah.

Salam Sehat

Latest News

VAKSINASI COVID19 KARYAWAN BARUNAVAKSINASI COVID-19 KARYAWAN BARUNA
Penyebaran virus corona masih belum berakhir, pemerintah dan masyarakat sama-sama bergotong royong untuk melakukan pencegahan penyebaran covid-19. Perusahaan swasta khususnya di wilayah DKI Jakarta sudah banyak yang melakukan pencegahan penyebaran covid-19 dengan cara melakukan vaksinasi, termasuk Baruna Raya Logistics (Baruna). [...]
Tips menjaga kesehatan mental selama WFH
Pemerintah telah meminta masyarakat untuk semaksimal mungkin beraktivitas di rumah selama pandemi covid 19. Jika tidak ada keperluan yang mendesak, masyarakat sangat diminta untuk tetap berada di rumah, termasuk bekerja. Perubahan ini tentunya berpengaruh terhadap para pekerja. Bekerja dari rumah atau yang biasa disebut WFH (Work From Home) seringkali membuat pekerja merasa kesepian, tidak bisa bersosialisasi, mengalami demotivasi dalam bekerja. Hal ini dapat memicu stres serta masalah kesehatan mental lainnya. [more...]
Tips agar Tetap Fokus Selama WFH
Sistem work from home semakin banyak diterapkan oleh berbagai Perusahaan semenjak pandemi COVID-19 menyebar pada tahun 2020 lalu. Pemberlakuan sistem kerja baru ini tentunya mengharuskan para pekerja untuk melakukan penyesuaian baru. Namun, terdapat beberapa hambatan yang menyebabkan beberapa pekerja tidak dapat menyesuaikan diri dengan mudah, salah satunya dampak stres yang dialami sejumlah pekerja.
EXPERIENCED INTEGRATED SHIPPING
Logo footer
Logo footer
© Copyright 2017 Barunaraya. All Rights Reserved,
Powered by IKT